Rekam Medis dan Informasi Kesehatan @Univ Dian Nuswantoro

Standar

Profil Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3)

  • Beroperasi sejak  th  1997  dengan SK. No.HK.00.06.1.1.957
  • Memperoleh status “TERAKREDITASI” dari BAN –PT dengan SK. No 006/BAN-PT/Ak-VII/Dpl-III/VIII/2007
  • Terakreditasi B pada tahun  2007
  • Ketua Program Studi :
  • Nama        :  Arif Kurniadi,M.Kom
  • Telp          :  024-70140061

VISI
Menjadi pilihan utama dalam pendidikan Ahli Madya Rekam Medis dan Informasi Kesehatan berbasis teknologi informasi di tingkat nasional yang berjiwa wirausaha pada tahun 2011.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik Ilmu Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang berkualitas dengan selalu meningkatkan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang profesional dibidangnya.
  2. Melaksanakan program unggulan di bidang Ilmu Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang berbasis Tehnologi Informasi yang meliputi Manajemen Unit Rekam Medis RS, Teknis Operasional Unit Rekam Medis  RS dan Teknologi Informasi Kesehatan.
  3. Melakukan penelitian-penelitian dalam mendukung pengembangan keilmuan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.
  4. Melakukan pengabdian masyarakat dalam upaya pemberdayaan masyarakat di bidang Ilmu Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  5. Melaksanakan pelatihan menjadi wirausaha

TUJUAN UMUM
Membantu pemerintah dalam pembangunan di bidang pendidikan untuk menguasai pengetahuan tentang kesehatan agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan serta mampu mengantisipasi sekaligus memenangkan persaingan di era pasar bebas

TUJUAN KHUSUS

  1. Menghasilkan ahli madya perekam kesehatan, sebagai tenaga profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan rekam kesehatan yang meliputi kemampuan mengorganisasi, tata laksana, menyimpan, menyebarluaskan, memanfaatkan data dan hal-hal yang saling berhubungan dengan kesehatan.
  2. Menyediakan pendidikan ahli madya perekam kesehatan dengan melakukan penelitian dan uji coba untuk dapat memenuhi kebutuhan pengembangan teknologi tepat guna di bidang rekam kesehatan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  3. Melakukan upaya pengembangan staf akademik melalui program pelatihan dan pendidikan berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan administratif

KEMAMPUAN KHUSUS
Manajemen Unit Rekam Medis RS

  • Manajemen Unit Kerja (Akreditasi URM)
  • Perencanaan kebutuhan tenaga kerja
  • Perencanaan kebutuhan rak & ruang dokumen
  • Statistik RS

Teknis Operasional Unit Rekam Medis RS

  • Admission Skill
  • Coding berbasiskan  ICD-10
  • Quality Assurance
  • Analysing &  Reporting
  • Indexing,  Assembling, Filing

Teknologi Informasi Kesehatan

  • Sistem Basis Data
  • Jaringan Komputer
  • Sistem Informasi Kesehatan

PELUANG  KERJA

  • Karir di Instansi Pelayanan Kesehatan (RS, Puskesmas,Poliklinik, praktek dokter)
  • Karir di Perusahaan asuransi
  • Karir di Dinas Kesehatan
  • Karir sebagai Tenaga Edukatif (Asisten Dosen/Dosen)
  • Karir sebagai Konsultan (Mandiri)
  • Bidang Biostatistik, evaluasi pelayanan rekam medis, QA, Coding, Abstracting, Penelitian

KELAS  REGULER PEGAWAI

  • Staf instansi Pelayanan Kesehatan
  • Minimal kelas dibuka 20 orang
  • Jumlah Beban Studi 119 SKS  yang ditempuh  2 s/d 3 th.
  • Kuliah setiap sore senin s/d jumat  atau  jumat dan sabtu

PERSYARATAN UMUM :

  1. Lulusan SMU (semua jurusan), SMK (bidang kesehatan : SPK,SMF,SMAK,SAA)
  2. Berbadan sehat, tidak buta warna
  3. Tidak buta warna (total maupun parsial)
  4. Surat ijin belajar dari instansi tempat bekerja (bagi kelas pegawai)

Lulusan Berhak Menyandang Gelar Ahli Madya (A.Md)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s