Kurang Air Bikin Pikiran “Error”

Standar

Anjuran mengonsumsi air minum 8 gelas sehari masih sering luput dari perhatian. Padahal, aktivitas sederhana ini sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, Pebruari ini, dehidrasi yang berat memengaruhi pikiran dengan membuat rasa bingung ekstrim dan cenderung suka mengigau.

Studi itu melibatkan 25 wanita yang diamati kondisinya saat tubuh membutuhkan air. Selama tiga hari, mereka melakukan tiga kali latihan menggunakan treadmill selama 40 menit untuk tiap sesi. Tes kognitifdilakukan peneliti saat relawan melakukan dan selesai latihan.

Hasilnya, seperti dikutip RodaleNews, dehidrasi membuat para wanita mengalami fisik yang lemah, kekuatan menurun, dan kurangf mampu konsentrasi secara penuh. Selain itu, mereka merasakan ada ketidaknyamanan dalam menyikapi suasana hati. Pekerjaan yang berhubungan dengan pikiran seperti sulit dilakukan. Juga, sebagian mereka merasa pusing saat latihan atau ketika sudah selesai.

Dalam penelitian ini juga ditemukan, masih banyak orang yang sulit membedakan kapan perlu tambahan cairan tubuh. Sehingga, mereka tidak segera meminum air padahal sebenarnya saat itu sudah membutuhkannya.

Takaran pasti air yang harus dikonsumsi memang belum mencapai kata final. Namun, minum air 8-9 gelas per hari dapat menjaga kebutuhan tubuh Anda terhadap cairan. Dan, bugarlah tubuh Anda sepanjang hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s