Hepatitis C Lebih Mematikan dari HIV AIDS

Standar

Washington (AFP/ANTARA) – Pada tahun 2007 ditemukan bahwa, penyakit hepatitis C justru lebih banyak menyebabkan kematian warga Amerika Serikat, dibandingkan dengan yang disebabkan oleh AIDS, ujar petugas kesehatan AS pada pekan ini.

Ada lebih dari 15.000 orang yang meninggal akibat terkena hepatitis C pada tahun 2007. Angka itu lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit HIV, yang sebesar 12.734., seperti yang ditunjukkan dalam data Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine.

Sebelum tahun 2007, manusia yang terjangkit virus HIV (yang menyerang sistem imun), memang lebih banyak yang meninggal daripada yang terkena penyakit hepatitis C, penyakit itu seringkali tidak menimbulkan gejala, dan bisa menjangkit melalui suntikan para pengguna obat-obatan, atau menjangkit orang yang melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan pasangannya yang terkena hepatitis C.

Sekitar 1,5 persen warga AS, telah terinfeksi hepatitis C. Dan itu merupakan salah satu penyebab umum kerusakan hati di AS saat ini, seperti yang dilaporkan US National Library of Medicine.

Penyakit tersebut dapat menyebabkan sirosis hati (penyakit kronis hati yang ditandai dengan adanya penggantian jaringan normal dengan jaringan fibrous sehingga sel-sel hati akan kehilangan fungsinya) dan kanker hati.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya, misalnya: memberikan suntikan pegylated interferon alfa per-pekan, dan mengkonsumsi kapsul Ribavarin dua kali sehari. Namun, hingga kini belum ditemukan vaksin yang bisa mencegah hepatitis C.

Para peneliti mengatakan bahwa, perubahan angka kematian tersebut sebagian besar disebabkan oleh kesuksesan pengobatan penyakit HIV.

“Penurunan angka kematian yang disebabkan oleh infeksi HIV pada beberapa dekade yang lalu, merefleksikan dilakukannya ketersediaan dan pemanfaatan terapi yang efektif, sebagaimana keefektifan pelaksanaan program nasional, untuk mencegah dan menanggulanginya,” kata studi tersebut.

“Pendekatan pengobatan yang serupa dengan HBV dan HCV, mungkin bisa menyebabkan pengurangan yang serupa dalam jumlah kematian dari virus hepatitis dari waktu ke waktu.” (ai/ml)

sumber : http://id.berita.yahoo.com/hepatitis-c-lebih-mematikan-dari-hiv-aids-101229516.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s